basiclopedia

RSS

seutama-utamanya doa seorang hamba kepada Allah adalah meminta ampunan atas segala dosa dan memohon keselamatan di dunia dan akhirat.

Ku hadapkan muka dan hatiku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan berserah diri, dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah karena Allah, Tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu bagiNya, demikianlah aku diperintah dan aku termasuk golongan orang-orang muslim.

- Doa Iftitah

UBAN

dear readers,

siapa sih orang yang pertama kali nemuin kata uban? kalo gue tebak nih ya, pasti sosok perawakannya kecil, kurus, tidak terlalu tinggi, cupu, gak gaul, anak rumahan, pendiem, anti sosial, apatis, sistematis, dan masif (INI MAH LO CURHAT NAMANYA! HIKS). 

gimana ya ngomongnya, kalo menurut gue sih agak kurang sound catching aja kalo denger kata uban. intinya mah gak keren gitu lah. kenapa gak disebutnya yuben? (uban versi inggris) hahaha.

***

dua minggu yang lalu, atau tepatnya hari kamis (4/9), gue mengalami suatu peristiwa yang bisa dibilang sangat mengguncang kondisi kejiwaan gue. jadi begini kronologisnya. waktu itu, pas gue lagi duduk-duduk matjho di meja kerja sambil dengerin youtube playlist top 100 billboard, tiba-tiba gue didekati seorang wanita yang tak lain adalah partner kerja gue. pada awalnya gue gak menaruh curiga sedikitpun mengenai kehadirannya ke meja gue. tapi justru itu adalah awal dari kegoncangan jiwa yang gue alami. 

eh fi, itu apaan sih ko ada yang putih-putih nongol dari rambut lo? uban bukan sih? apa gue yang salah liat ya? EH IYA UBAN! *sambil minjem TOA masjid*

sontak! gue pun syok mendengar kalimat yang mengalir begitu lancar dari mulutnya itu. gue tertegun beberapa saat. ruangan terasa lebih dingin dari biasanya dan suasana pun menjadi terasa begitu sunyi. “seriusan lo?” cuma dua kata itu yang bisa gue ucapin.

akhirnya, setelah kesadaran gue kembali, gue bimbang. bimbang memutuskan antara pesen nasi tumpeng untuk merayakan uban pertama gue atau menulis surat wasiat karena gue menyadari bahwa ini adalah sebuah pertanda, pertanda kalo gue udah memasuki usia senja *sigh*

***

beruntung, gue masih dikelilingi oleh orang-orang yang baik dan pengertian. mereka berusaha menguatkan gue dari kegoncangan ini dan menyemangati gue untuk bangkit dari keterpurukan. akhirnya sekarang, kondisi gue sudah normal kembali, jiwa yang periang dan gembira, serta bersemangat untuk menghadapi kehidupan masa depan.

oh iya, buat yang belum kebayang gimana caranya duduk-duduk matjho di meja kerja. ini gue kasih gambarannya sebagai tips agar tetap cool saat bekerja. bisa juga dicoba buat kamu-kamu yang masih kuliah.

image

Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.

- Quran surat Ali Imran, ayat 185.

manfaatkan 5 perkara sebelum 5 perkara

manfaatkan 5 perkara sebelum 5 perkara